Jumat, 07 Desember 2007

HP Photosmart A320


Printer Foto Inkjet
HP Photosmart A320

Bila ingin menciptakan studio foto pribadi, ternyata Anda tidak membutuhkan banyak ruang. Bahkan, Anda juga tidak perlu mengocek banyak uang. Yang Anda butuhkan cuma printer foto terbaru dari HP, Photosmart A320.

Printer ini khusus untuk mencetak foto, namun terbatas ukuran postcard. Alhasil, dimensinya pun kecil (22,5x11x13,5 cm) dan ringan (1,3 kg). Harganya ternyata juga sangat murah, yaitu US$ 84; bandingkan dengan produk sejenis seperti Canon Selphy ES1 yang dihargai sekitar US$ 240.

Dari segi kelengkapan, Photosmart A320 memang tidak selengkap Selphy ES1. Contohnya tidak ada layar LCD di printer ini. Alhasil untuk mengatur proses cetak, Anda mengandalkan tombol di bagian atas printer ini. Salah satu tombol berfungsi untuk mengaktifkan HP Real Life Technologies untuk membantu proses perbaikan foto seperti menghilangkan red-eye dan pengaturan warna/kontras. Fungsi lain, seperti informasi jika terjadi error, hanya disampaikan melalui lampu indikator.

Koneksinya juga terbatas. Selain mencetak melalui PC, printer ini cuma menyediakan konektifitas PictBridge untuk cetak langsung dari kamera. Fasilitas Bluetooth sebenarnya bisa, namun sifatnya opsional. Namun yang paling terasa adalah ketiadaan fasilitas card reader. Padahal untuk sebuah printer portabel, keberadaan card reader sangat krusial karena akan memudahkan pengguna mencetak di mana saja tanpa tergantung adanya PC atau kamera yang mendukung Pictbridge.

Bagaimana dengan kinerjanya? Dari sisi kecepatan, Photosmart A320 mampu mencetak foto ukuran postcard dalam waktu waktu 1 menit 47 detik. Sebagai perbandingan, Selphy ES1 membutuhkan waktu 1 menit 30 detik. Jadi, Selphy ES1 lebih unggul dari segi kecepatan. Sedangkan secara kualitas, Selphy ES1 lebih akurat dalam mencetak warna, yang tidak lepas dari penggunaan teknologi cetak dye-sublimation. Namun bukan berarti kualitas Photosmart A320 tidak bagus. Ketajaman hasil cetak tetap mumpuni, dan dijamin akan memuaskan bagi mayoritas pengguna.

Kesimpulan:

HP Photosmart A320 menawarkan solusi ideal bagi Anda yang hobi mencetak foto. Harganya murah dan tetap mampu menghasilkan hasil cetak yang memuaskan. Ketiadaan fasilitas card reader mungkin sedikit menjadi kekurangan, namun jika kegiatan mencetak Anda lebih sering di rumah dan menggunakan komputer, kekurangan itu tidak akan terasa.

(Dedy Kurniawan-Kontributor)

---

PLUS: Kualitas cetak bagus; bentuknya kecil dan ringan; mendukung PictBridge dan Bluetooth.

MINUS: Tanpa LCD; tanpa card reader.

Skor Penilaian

-Kinerja : 4,25

-Fasilitas : 4

-Kemudahan : 4

-Harga : 4

Skor Total : 4,08

SPESIFIKASI:

HP PHOTOSMART A320

Tipe koneksi

Dengan dan tanpa PC

Metode cetak

Inkjet

Slot memori

Tidak ada

Resolusi maksimum

2400x1200 dpi

Interface

USB, PictBridge, Bluetooth (opsi)

Sistem operasi

Windows 2000/XP/XP64/Mac OS

Ukuran kertas maks

4x6 inci (4R)

Dimensi (plt)

22,5x11x13,5 cm

Berat

1,3kg

Konsumsi listrik (aktif)

12,5 watt

Garansi

1 tahun

Situs Web

www.hp.com

Harga printer*

US$ 84

*Harrisma, (021) 720-4502

*Minggu pertama September 2007.

0 komentar: