Senin, 09 Juni 2008

Chip Berisi Air Buatan IBM


Tim peneliti IBM yang berasal dari Fraunhofer Institute di Berlin, Jerman, baru-baru ini telah melahirkan suatu inovasi yang cukup dahsyat. Ide tersebut dinilai bermanfaat untuk membuat kinerja prosesor lebih stabil.

Dua tahun silam IBM pernah memperkenalkan sebuah teknologi alternatif yang dapat menurunkan suhu prosesor. Langkah yang diambil IBM pada saat itu adalah dengan membuat kanal yang berliku-liku ke dalam chip agar suhu panas dapat turun. Namun IBM memberi konfirmasi jika pada penggunaan teknologi terdahulu telah mengakibatkan pemborosan energi panas yang disinyalir mendekati 1 kilowatt. Panas ini 10x lebih besar daripada panas yang dihasilkan dari hotplate chip dengan area 4cm dan ketebalan sekitar 1mm.

Nah untuk mengatasi arus panas pada chip, saat ini IBM telah menciptakan alternatif yang lain. Solusi ini bekerja dengan menggunakan pompa air untuk memasukkan air di antara susunan prosesor dan komponen lain. Pipa air tersebut bakal dimasukkan ke dalam tunnel pendingin yang tipis dan kemudian mengalirkan air ke setiap lapisan prosesor. Diharapkan dengan adanya air yang mengalir ini akan membuat suhu prosesor tetap dingin. (ipm)

0 komentar: