Kamis, 20 November 2008

Akses Internet Gratis dengan Hp CDMA dan GSM

Koneksi Internet Gratis adalah sebuah dambaan semua orang, namun apakah hal ini mungkin dilakukan ? Jawabnya bisa iya dan bisa tidak!.Disitus situs tertentu Informasi berupa ebook tips akses internet gratis dengan memanfaatkan HP CDMA maupun GSM dijual dengan harga puluhan ribu bahkan ratusan ribu rupiah, tapi kini Anda bisa mendapatkannya dengan Gratis..tis..tiss!!.

Setting untuk HP CDMA

1. Siapkan simcard salah satu operator CDMA atau GSM yang sudah Expired tapi masih dalam masa tenggang.

2. Seperangkat Komputer PC / Notebook, HP CDMA / GSM apa saja yang fiturnya didukung fasilitas GPRS dan yg lebih bagus lagi 3G / HSDPA, serta kabel data dan modem driver untuk HP anda.

3. Siapkan kabel data DKU-5 atau MA-8620E atau MA-8620C

4. Pasang kabel tersebut kekomputer dan sambungkan ke Ponsel ke computer akan mendeteksi adanya hardware tambahan.

5. Install USB data cable dari paket softwarenya MA-8620 / DKU-5. Cek ulang Control Panel -> System - > Device Manager selanjutnya akan muncul USB data cable connection

6. Install Modem -> masuk Control Panel -> pilih Modem -> add Modem -> pilih Don’t detect -> Have Disk -> Browse -> pilih Modem 3G Packet Data Network, dan portnya harus sesuai dengan COM data cable.

7. Create dial-up connection, pilih Modem yang di Install tersebut. Sebagai contoh (Nokia CDMA I xRTT 3G Packet Data Modem), setting kecepatannya 230,4 kbps, masukkan kode dial-up #777 : fren, star one, flexi dilanjutkan dengan username dan password operator, Misalnya Fren : username : m8 Password : m8.

Setting untuk HP GSM

Buka Control Panel -> pilih Network Connections -> lalu New Connection Wizard. Klik Next. Untuk Connection Type -> pilih Connect to the Internet -> Getting Ready, pilih Set up my connection manually -> Internet Connection, pilih Connect using a dial-up modem -> Pada daftar modem -> pilih ( centang ) pada modem Anda. -> Pada ISP Name, tuliskan pengenal koneksi, atau ketik sesuai kartu (asal juga tidak menjadi masalah.)-next -> Phone number, isikan *99# atau *99*111# : Mentari, simpati, XL, halo, matrix, im3. Untuk dial number koneksi operator lain sama, yaitu menggunakan *99#. Selanjutnya pada dialog pengisian username dan password, sesuaikan dengan data dibawh ini

Mentari
user : indosat
password : indosat

Simpati dan Halo
user : wap
password : wap123

matrix
user : kosongkan
password : kosongkan

IM3
user : gprs
password : im3

Fren
user : m8
password : m8

Flexi
user : telkomnet@flexi
password : telkom

Starone
user : starone
password : indosat

XL
user : xlgprs
password : proxl
->Next ->cheklist pada "add a shortcut........."->.klik finish -> klik 2x shortcut yang muncul dilayar -> klik Dial

Username, password,, no akses dan string code disesuaikan dengan jenis kartu yang digunakan sebagai akses internet. Setelah setting secara umum selesai, maka selanjutnya diikuti oleh setting browser. Khusus pada tahap ini, hanya Opera dan Firefox saja.

Command String

Agar lebih paham mengenai koneksi internet, maka Anda juga harus paham tentang APN ( access point name) juga extra string pada modem ponsel. Jika anda melakukan pengubahan pada APN di ponsel maka anda harus mengubah extra string. Untuk akses paket data CDMA, perlu diperhatikan agar AT Command String (Extra Initialization Command) modem pada terminal yang digunakan harus disetting sesuai operator, misalnya Telkomflexi : AT + CRM = 1. Default setting AT Command String adalah AT+CRM = 0 yang berarti akses mode data sirkit, bila default setting ini tidak diubah, akan berdampak pada perhitungan biaya akses.

Berikut ini adalah cara setting command pada Microsoft Windows :

Control Panel -> klik Phone and Modem Options -> Modems -> pilih Modem -> Properties -> Advanced -> Extra Setting

Jika ternyata masih belum ada modem yang sesuai kemungkinan karena koneksi PC dan Ponsel terputus , lalu pastikan driver sudah terinstall dengan baik dan benar. Klik Advanced masukkan string code dengan format AT+CGDCONT=1,IP,””

Contohnya :

Telkkomsel : AT+CGDCONT=1,IP,”telkomsel”

XL : AT+CGDCONT=1,IP,”www.xlgprs.net”

IM3 : AT+CGDCONT=1,IP,”www.indosat-m3.net”

Mentari : AT+CGDCONT=1,IP,”satelindogprs.com”

Three : AT+CGDCONT=1,IP,”3gprs”

Akses Internet yang katanya gratis ini memang benar-benar gratis, namun bukan tanpa masalah, sebab kecepatan aksesnya sangat lambat dan tidak bisa diandalkan. Dengan sedikit tips ini, kini Anda bisa mencobanya dengan tidak perlu lagi membayar mahal.

Selamat mencoba..!.

2 komentar:

PM mengatakan...

MOHON MAAF sebelumnya... cuman sekedar berbagi info mengenai
CARA BARU ISI ULANG PULSA HP

LEBIH PRAKTIS (ngga perlu repot2 lagi datang ke counter pulsa, cukup hanya dengan mngirim sms dari hp anda sendiri)

LEBIH MURAH ( bila dibandingkan dengan harga jual di counter pulsa )

DAPATKAN BONUS PULSA GRATIS Rp. 25.000 SETIAP HARI

INFO LENGKAP DI HTTP://WWW.PRIMAMITRA.BLOGSPOT.COM

Kharis mengatakan...

Beneran nih gratis.... Ada tapinya nggak?