Rabu, 20 Agustus 2008

PixelView PlayTV Pro3


PixelView menghadirkan TV tuner seri PlayTV Pro3 dengan fasilitas menarik. Penggunaan slot PCI 2.2 membuat produk ini fleksibel karena slot tersebut selalu ada pada motherboard lama maupun baru. Apalagi jalur slot PCI 2.2 masih memiliki bandwith yang besar bagi aktivitas yang dimiliki sebuah perangkat TV tuner. Pada produk ini disertakan pula fungsi FM tuner dengan kemampuannya merekam ke format audio. Kelengkapan pendukung berupa antena FM juga tidak lupa disertakan. Tak ketinggalan, sebuah remote control hadir untuk kenyamanan pengoperasian dari jarak jauh. Pada paketnya juga tersedia dua batere jenis AAA.

Koneksi input yang mendukung perangkat multimedia secara analog diwakili dengan port AV (composite), S-video, serta audio. Tidak lupa koneksi untuk antena FM serta TV dan audio output. Jangan lupa port audio output ini mesti Anda tancapkan ke audio input pada kartu suara untuk mengaktifkannya.

Kemudahan pakai dan instalasi juga perlu diperhatikan. Proses instalasi yang kami lakukan cukup lancar dengan menggunakan driver bawaan. Proses pencarian gelombang TV cukup menyenangkan karena disediakan fungsi autoscan yang akurat. Untuk mengatur tampilan video, terdapat menu video mixer yang menyediakan pengaturan tingkat brightness, contrast, hue, dan saturation. Untuk memperjelas gelombang secara manual juga disediakan mode fine tuning. Menggunakan aplikasi Pixelview terlihat tampilan siaran TV tertangkap cukup tajam dan bagus. Tidak terdapat noise yang mengganggu meskipun hal ini juga berpengaruh pada penempatan antena yang baik.

Aplikasi PixelView tampil cukup sederhana dengan beberapa opsi yang tersembunyi. Opsi ini membuat tampilan cukup ringkas dan tidak terganggu dengan adanya tampilan teks ataupun bar. Untuk menampikan opsi cukup lakukan klik kanan pada tampilan yang ada. Pilihan yang ada cukup mewakili segala aktifitas TV tuner standar, seperti aspect ratio, channel list, teletext, timeshift, record, snapshot, play movies, play pictures, schedule record, serta settings.

Proses recording berlangsung cukup mudah. Sebelumnya tentukan dahulu format video yang akan digunakan pada menu Settings. Setelah selesai, tinggal jalankan aplikasi dan cukup menekan tombol record pada remote maupun shortcut. Kami mencoba melakukan proses ini menggunakan prosesor kelas Intel Pentium Celeron 2GHz dengan memori 512MB. Hasilnya cukup baik dan lancar meski kami menggunakan resolusi tertinggi yang ada (MPEG2 – 720x576).

***

PixelView PlayTV Pro3 merupakan perangkat yang menarik dilihat dari sisi kinerja dan harga yang bisa dibilang cukup murah. Dua daya tarik ini tentu cukup memikat bagi Anda yang sedang mencari TV tuner internal dengan kemampuan merekam secara analog. (Dayu Akbar – Kontributor)

Plus: Kualitas video dan suara bagus; Proses recording tidak berat; Fungsi FM tuner; Remote control+batere; Harga menarik.

Minus: Fitur aplikasi kurang banyak.

Skor Penilaian

Kinerja : 4

Fasilitas : 4

Kemudahan : 4

Harga : 4,5

Skor Total : 4,1

Spesifikasi: PixelView PlayTV Pro3

Tipe

Internal

Interface

PCI

Sistem input

S-Video, Composite, Audio-out

Format video

MPEG1, MPEG2, WMV dan DivX

Format gambar

BMP, JPG

Format audio

WMA, WAV

Dukungan sistem operasi

Windows 98SE/ME/2000/XP

Kelengkapan

- Buku Manual+Kartu garansi

- Remote control+batere

- Kabel remote dan kabel audio

- Kabel radio FM

- CD

Garansi

1 tahun

Situs Web

www.prolink.com.tw

Harga kisaran*

Rp. 240.000

* Maxcom, (021) 612-9236

5 komentar:

Rian Rifandi mengatakan...

DRIVER APLIKSINYA BOSS TOLONG ALAMAT LINK KE EMAIL OGUT DONG, PLEASE
RLUCKY6@YAHOO.COM

Unknown mengatakan...

ane juga lagi jual nih boss....bisa nego

KLITHIKAN mengatakan...

He....kok persis sama punyaku merk ITEMS ITV 3000

Ikhsan Sigma Putra mengatakan...

numpang nanya ya
saya memakai playtv pro 3, dulu pakai xp. nah sekarang saya ganti ke windows seven. udah nyari kemana-mana di dunia maya, tapi ga dapet2 driver nya.
kira2 ada solusi ga ya untuk masalah saya? thx sebelumnya

wongcilacap mengatakan...

Sy ada ini driver plus aplikasinya